Monday, April 25, 2016

Asal Muasal Jas Pria, Salah Satu Pakaian Formal Kaum Adam

Kebutuhan manusia memanglah sangat banyak yakni ada 3 pokok kebutuhan manusia : sandang, pangan dan papan. Begitu pentingnya ketiga unsor pokok ini maka mau tidak mau manusia harus mencukupinya untuk keberlangsungan hidup mereka. Misal pangan setiap orang pasti tidak ingin kelaparan makanya diperlukan makanan entah makanan tradisional ataupun barat. Jas pria dan juga blazer wanita itu juga merupakan salah satu bentuk pakaian yang modern dan juga yang namanya pakaian itu sangat dibutuhkan oleh manusia. tentunya manusia itu tidak ingin kan dirinya keluar dengan keadaan telanjang bulat? Nah untuk kebutuhan ketiga adalah papan, yakni tempat tinggal untuk manusia. pastinya manusia tidak ingin kan kalau tidak mempunyai tempat untuk berteduh. Tetapi dalam artikel kali ini nanti kita akan membahas salah satu kebutuhan manusia yang sandang saja.



Kebutuhan sandang untuk manusia memang semakin hari semakin berkembang. Perkembangan itu ditandai dengan adanya beberapa perubahan desain baju yang dikenakan manusia. Jika pada esensinya pakaian hanya diperuntukkan untuk melindungi tubuh manusia dari panas dan dingin, namun seiring perkembangan jaman yang ada tidak munafik bahwa berpakaian harus ada unsur fashionnya. Artinya dalam berpakaian manusia selalu menyesuaikan trend yang ada pada jaman sekarang. Sah satunya adalah jas pria yang memang sering kita dengar itu merupakan sebuah pakaian formal yang diperuntukkan untuk mereka para kaum adam. Dalam artikel ini nanti kita akan berkenalan lebih dalam lagi mengenai jas pria dan bagaimanakah asal usul dari adanya sebuah pakaian yang bernama jas ini.

Jas sendiri merupakan pakaian resmi yang bermodel Eropa, berlengan panjang dan pemakaiannya di luar kemeja. Dalam hal pemakaian jas itu dipadupadankan dengan celana panjang yang biasanya terbuat dari bahan yang sama. Jas ini biasanya dibedakan dari jumlah kancing yang ada dalam jas tersebut. Berdasarkan jumlah baris kancing bagian depan, jas terdiri dari jas kancing sebaris dan jas kancing dua baris. Pemakaian jas yang memang diperuntukkan untuk para kaum adam biasanya disebut dengan jas pria. Jas pria update hanya di http://busana-pria.com.

Perlu Anda ketahui bahawa asal muasal dari jas ini berasal dari Anne Hollander yang dimana dalam bukunya Sex and Suits menuliskan bahwa apabila pria menggunakan sebuah jas yang dipadupadankan dengan celaana akan menjadi perpaduan sempurna yang membuat pria tersebut kelihatan sangat seksi. Itu terjadi di tahun 1860 dan pada saat itu jas disebutnya dengan istilah tuxedo. Tuxedo mulai muncul ketika Henry Poole & Co membuat sebuah rancangan pakaian khusus berupa short smooking jacket untuk Pangeran Inggris, Edward VII yang dikenakan pada acara makan malam. Setalah kejadian tersebut, enam tahun kemudian pangeran Inggris diundang oleh seorang jutawan asal Amerika yang bernama James Potter dan kemudian pangeran Inggris mulai menyebarkan bahwa pakaian rancangan dari Henry Poole & Co itu sangat terbaik.

Akhirnya lama kelamaan orang Amerika juga tertarik dengan pakaian yang dirancang oleh Henry Poole & Co. Jika di Amerika jas ini disebut dengan Tuxedo maka di Eropa orang-orang menyebut jas pria ini dengan sebutan dinner jacket atau smoking jacket. Maka dari itu buat para pria ini harus diperhatikan apabila Anda semua mendapatkan sebuah undangan yang di dalam undangan tersebut terdapat kode busana black tie ini maka dalam acara tersebut nantinya Anda para pria diwajibkan untuk memakai jas resmi atau yang biasa disebut dengan istilah tuksedo. Sebuah jas warna hitam yang dipadupadankan dengan dasi kupu-kupu hitam dan kemja putih. Harap diperhatikan ya kalian para pria.

No comments:

Post a Comment